Rabu, 02 Mei 2012

TUGAS LINGKUNGAN


TUGAS

LINGKUNGAN

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Geografi













Oleh :
Dimas Reggy Putra Bangsa
XI IPS 2




SEKOLAH MENENGAH ATAS 92
JAKARTA
2012




LINGKUNGAN

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, hidup dan kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari pengaruh lingkungan. Mempelajari lingkungan dalam kehidupan lebih banyak dipakai istilah lingkungan hidup. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 pasal 1 ayat 1 mengartikan Lingkungan Hidup sebagai berikut:
“Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan kesemua benda, daya, keadaan dan mahluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya”

1.        Lingkungan Bersih  adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang menunjukan seuasana yang asri, nyaman, indah dan terpelihara kebersihanya. Sehingga kita merasa senang berada di sekitarnya.





Pendapat :
Memang terlihat sangat bersih dan indah. Coba kita bayangkan betapa nyamannya jika semua tempat di lingkungan kita bersih dari sampah, selalu terpelihara keindahanya. Hidup kita akan menjadi lebih sehat.

2.        Lingkungan Kotor  adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang menunjukan seuasana yang kumuh, tidak tertata, sampah berserakan, sehingga dapat menimbulkan bibit penyakit.







Pendapat :
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Kita hidup di lingkungan perkotaan yang yang identik dengan kotor, kumuh, dan kebisingan. Banyak sekali bahaya-bahaya yang timbul akibat lingkungan kotor ini, bibit penyakit dan banjir selalu membayangi kita. Ayo kita jaga lingkungan kita dari mulai hal yang paling kecil. “BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA”... :)
3.             Lingkungan alami adalah segala sesuatu yang ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Contoh lingkungan alam yang ada di permukaan bumi adalah sungai, danau, laut, gunung dan lembah.






Pendapat :
Betapa asrinya lingkungan alami ini, belum tercemar oleh limbah-limbah industri, terlihat bening air mengalir, pepohonan yang rindang. Mari kita jaga untuk kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita nanti di masa depan.
4.        Lingkungan buatan adalah segala sesuatu yang sengaja atau tidak sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya desa, kota, pabrik, rumah, waduk, sawah, tambak, perkebunan, dll.
Dalam pembangunan permukiman diperlukan keseimbangan dengan ekosistem, sehingga tidak melebihi daya dukung lingkungan. Dalam beberapa kasus, masalah lingkungan buatan lebih sulit ditangani daripada lingkungan alam. Untuk itu diperlukan strategi berdasarkan keberlanjutam, sehingga diharapkan dapat:
1. memperbaiki dan menjamin penyediaan air bersih.
2. meminimumkan masalah pembuangan sampah
3. mengurangi pengubahan lahan subur untuk pertanian menjadi pemukiman dan membantu mempertahankan produktivitas lahan
4. mengembangkan pola konservasi energi untuk keperluan hidup dan produksi barang
5. mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia
6. memadukan pemeliharaan dan pelayanan pemukiman dengan penyediaan lapangan pekerjaan, pembangunan masyarakat dan pendidikan






Pendapat :
Rumah adalah tempat kita berteduh dan merupakan kebutuhan primer dalam hidup. Kita boleh berlomba-lomba membangun rumah asalkan memperhatikan lingkungan sekitar, apakah pembangunan ini berdampak buruk pada lingkungan sekitar atau tidak ?.
5.        Lingkungan sosial hingga saat ini masih belum ada definisi yang pas, masih menjadi perdebatan para ahli. Untuk itu digunakan definisi kerja lingkungan sosial budaya yaitu lingkungan antar manusia yang meliputi pola-pola hubungan sosial serta kaidah pendukungnya yang berlaku dalam suatu lingkungan spasial (ruang); yang ruang lingkupnya ditentukan oleh pola-pola hubungan sosial di dalam lingkungan masyarakat tersebut.





Pendapat :
Kepedulian kita terhadap sesama merupakan aspek penting dalam kehidupan. Kita sebagai makluk sosial sudah sepantasnya saling membantu sesama yang sedang mengalami kesulitan, sumbangan, gotong royong, sangat diharapkan bagi mereka yang mengalami musibah.

6.             Lingkungan biofisik  / budaya yakni lingkungan di sekitar manusia yang terdiri atas unsur-unsur buatan manusia, baik bertentuk materi (rumah, kendaraan) maupun non materi (gagasan, seni, ilmu) yangg semuanya merupakan hasil ciptaan manusia di luar lingkungan biofisiknya; juga lingkungan kerja yang meliputi semua faktor fisik, psikologis, sosial, dan jaringan hubungan yang berpengaruh terhadap seseorang, bahkan lingkungan sosial, lingkungan yang terdiri atas orang-orang serta kelompok-kelompok yang berinteraksi, termasuk juga harapan sosial serta seluruh aspek kemasyarakatan.







Pendapat :
Kebudayaan adalah cermin kehidupan kita sehari-hari, dari budaya kita belajar, dari budaya kita memahami arti hidup, dari budaya pula kita mengenang masa lalu. Ayo pertahankan kebudayaan kita. Kebudayaan adalah warisan termahal dari nenek moyang utuk masa depan anak cucu kita.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar